Apa yang akan dicari:

Selasa, 31 Mei 2011

Kawasan Hutan BBKSDA Jabar di Banten

CAGAR ALAM RAWA DANAU
Satu Satunya Rawa Pegunungan di Pulau Jawa

Cacar Alam Rawa Danau ditunjuk perdasarkan Goverment Besluit (GB) 60 Staatblad Nomor 683 tanggal 16 November 1921. Menurut Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990, Cagar Alam termasuk Kawasan Suaka Alam, yaitu kawasan dengan ciri khas tertentu baik di darat maupun di perairan yang mempunyai fungsi pokok sebagai kawasan pegawetan keanekaragaman tumbuhan dan satwa serta ekosistemnya yang juga berfungsi sebagai wilavah sistem penyangga kehidupan.
Cagar Alam adalah kawasan suaka alam yang karena keadaan alamnya mempunyai kekhasan tumbuhan. satwa dan ekosistemnya atau ekosistem tertentu yang perlu dilindungi dan perkembangannya berlangsung secara alami. Cagar Alam Rawa Danau memiliki kekhasan sebagai type ekosistem berupa rawa pegunungan.


Luas dan Letak
Luas Cagar Alam Rawa Danau adalah 2.500 Ha. Secara geografis CA Rawa Danau terletak antara 6008' sampai dengan 6011' Lintang Selatan dan 1050"56' sampai dengan 106004' Bujur Timur, dengan ketinggian tempat antara 90 s/d 225 m dpl. Berdasarkan administrasi pemerintahan Cagar Alam Rawa Danau meliputi tiga wilavah kecamatan vaitu Padarincang, Gunung Sari dan Mancak. Kabupaten Serang, Provinsi Banten.
Menurut wilayah pengelolaan Cagar Alam Rawa Danau termasuk wilavah kerja Seksi Koservasi Wilayah I Serang, Bidang KSDA Wilayah I Bogor, Balai Besar KSDA Jawa Barat.
Cagar Alam Rawa Danau berbatasan iangsung dencan Cagar Alam Tukung Gede di sebelah Utara dan Timur sedangkan sebelah selatan berbatasan dengan desa Kalumpang, di sebelah barat berbatasan denqan desa Ciraab

Topografi

Sebagian dari wilayah Cagar Alam Rawa Danau berupa dataran rawa dan perairan danau, kecuali di bagian sebelah utara terdapat sebuah bukit kecil dengan Iuas kurang lebih 8 Ha yaitu Gunung Jamungkal dengan ketinggian 192 m dpi

Hidrologi
Rawa Danau sebagai muara dari beberapa sungai yaitu sungai Cimanuk (Cikalumpang), Cibugur, Cisawara, Cisaat, Cidangiang, Citeureup dan Cipadarincang. Sungai-sungai tersebut bersumber dari Gunung Karang, Gunung Parakasak dan Gunung Mandalawangi. Satu-satunya sungai besar yang mengalir dari Cagar Alam Rawa Danau adalah sungai Cidanau yang menjadi sumber air bagi PT. KrakatauTirta Industri dan PDAM Cilegon. Sungai tersebut mengalir ke arah barat dan bermuara di pantai Teneng (Anyer).

Sumber air Rawa Danau juga berasal dari "Kobakan" dan beberapa mata air yang tidak pernah kering sepanjang tahun, selain itu juga terdapat sumber air panas.

Flora
- Species di daerah rawa, antara lain :
- Gempol (Antocephalus cadamba)
- Gagabusan (Alstonia apiculata)
- Jajawai (Picus rutsa)
- Kadeper (Mangifera oderata)
- Rengas (Gluta rengas)
Species di perairan danau, antara lain:
- Miminyakan (Hymnachneaniamplex icaulis)
- Babakoan (Calotropis gigantean)
- Eceng Gondok (Eichrnia crassipes)
- Kiambang (Salvinia molesra)
Species di hutan hujan pegunungan, antara lain :
- Ipis Kulit (Decospermu friticisum)
- Puspa (Schima walichii)
- Salam (Eugenia factigiata)
- Tangtalanq (Elaecocarpus ubstusa)
Fauna
Dalam kawasan Cagar Alam Rawa Danau terdapat beranekaragaman satwa liar yaitu mamalia, reptili, aves dan pisces.
Klas Mamalia
- Kera ekor panjang (Macaca fascicularis)
- Babi Hutan (Sus vitatus)
- Bajing (Lariseus insignus)
- Lutung (Presbytes pirrus)
- Surili (Presbytus aygula)
- Kucing hutan (Felis bengalensis)
Klas Reftilia

- Biawak (Varanus salvator)
- Kura kura (Tronik cortilangineus)
- Buaya (Crocodylus porosus)
- Ular sanca (Python reticularis)
- Kuya batu (Siebenrockiella Crassicolis)
- Kodok Bangkong (Bufo melanosticus)
- Belut (Monopterus albus)
Klas Aves
- Raja udang (Halcioncloris palmeri)
- Banyau tongtong (Leptophilos javeni)
- Pecuk ular (Anhinga melanopqaster)
- Elang ruyuk (Spilornis cheela)
- Rangkong badak (Buceros rhinoceros)

Klas Pisces
- Betok (Anabas festudineus)
- Lele (Clarias striata)
- Julong julong (Hemirhamphodon)

Upaya Pelestarian
Berdasarkan wilayah kerja, pengelolaa Kawasan Cagar Alam Rawa Danau merupakan bagian dari wilayah kerja Seksi Koservasi Wilayah I Serang, Bidang KSDA Wilayah I Bogor, Balai Besar KSDA Jawa Barat, sebagai Unit Pelaksana Teknis dari Direktur Jenderal Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam, Departemen Kehutanan.

Upaya upaya yang telah dilakukan dalam rangka melindungi dan melestarikan Kawasan Cagar Alam Rawa Danau, Antara lain :
- Penataan batas kawasan
- Perlindungan dan pengamanan
- Pengelolaan kawasan
- Pengelolaan keanekaragaman jenis


Kegiatan Dalam Kawasan

Menurut Undang Undang Nomor 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumberdaya Alam Hayati Dan Ekosistemnya "Dalam Cagar Alam dapat dilakukan kegiatan untuk kepentingan penelitian dan pengembangan, ilmu pengetahuan, Pendidikan dan kegiatan lainnya yang menunjang budidaya". Secara perorangan atau lembaga/institusi apabila akan melakukan kegiatan dalam Cagar Alam diwajibkan memiliki Surat Ijin Masuk Kawasawan Konservasi (SIMAKSI).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Translate

Ayo Bergabung!(Klik follow)