Ikan-ikanan

Apa yang akan dicari:

Memuat...

Jumat, 19 Agustus 2011

Pendidikan Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistem Di Desa Penyangga Kawasan Konservasi Cagar Alam Rawa Danau

Cagar Alam (CA) Rawa Danau sebagai kawasan hutan konservasi seluas 2.500 ha ditunjuk berdasarkan Government Besluit (GB) Nomor 60 Staatblad 683, tanggal 16 Nopember 1921. CA. Rawa Danau memiliki kekhasan tipe ekosistem sebagai rawa pegunungan satu-satunya rawa pegunungan yang masih tersisa di Pulau Jawa. Sepanjang batas kawasan tersebut terdapat 12 (duabelas) desa penyangga yang tersebar dalam 4 kecamatan yaitu Kecamatan Padarincang, Mancak, Gunung Sari, dan Cinangka Kabupaten Serang, Provinsi Banten. Desa Cikedung dan Desa Kalumpang merupakan desa penyangga di sekitar kawasan hutan CA. Rawa Danau.


Melalui Perjanjian Kerjasama antara Balai Besar KSDA Jawa Barat dengan PT. Krakatau Tirta Industri tentang Pelestarian Sumber Daya Air Cagar Alam Rawa Danau diadakan kegiatan Pendidikan Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistem(KSDA-HE) di 3 sekolah yang ada di sekitar Cagar Alam Rawa Danau.
Kegiatan Pendidikan Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistem di 3 sekolah dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus 2011 oleh Seksi Konservasi Wilayah I-Resort Cagar Alam Rawa Danau diselenggarakan di SDN Kalumpang II Kelas VI, SD Bulakan Kelas VI dan SMP Satu Atap Bulakan Kelas IX. Pada saat pelaksanaan kegiatan pendidikan KSDA dalam suasana bulan Ramadhan yaitu para siswa sedang mengikuti program kegiatan Pesantren Kilat yang diselenggarakan di sekolah masing-masing.


Materi Pendidikan KSDA-HE dipadukan dan disesuaikan dengan pokok bahasan mata pelajaran dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Pendidikan Lingkungan Hidup yang ada di sekolah masing-masing selama 45 menit, materi yang disampaikan tentang : 



  1. Keseimbangan Lingkungan meliputi; Aktivitas Manusia yang Mempengaruhi Keseimbangan Lingkungan dan Pemanfaatan Hewan dan Tumbuhan.
  2. Pelestarian Hewan dan Tumbuhan miliputi; Hewan yang Terancam Punah, Tumbuhan yang Terancam Punah dan Pentingnya Pelestarian Makhluk Hidup.

Karena bertepatan dengan program kegiatan Pesantren Kilat pada bulan Ramadhan, setelah melaksanakan pendidikan KSDA-HE dilaksanakan ceramah agama Islam oleh Ust Jahidi dari Kecamatan Mancak menyampaikan tema tentang "Menjaga Keletarian Lingkungan Hidup Adalah Kewajiban Manusia", serta pemberian bantuan buku tulis yang disampaikan secara simbolis kepada kepala sekolah masing-masing.

Kepada semua pihak yang telah mendukung dan berperan dalam kegiatan Pendidikan KSDA-HE di daerah penyangga kawasan hutan CA Rawa Danau, kami ucapkan terima kasih dan mohon kritik serta saran atas segala kekurangan
Semoga bermanfaat. Amiin.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Translate

Ayo Bergabung!(Klik follow)